Tips Beli Motor Sport, Mending Berfairing atau Versi Naked?
MOTOR TRIK DAN TIPS

Tips Beli Motor Sport, Mending Berfairing atau Versi Naked?

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Tips Beli Motor Sport, Mending Berfairing atau Versi Naked?. Secara garis besar, ada dua jenis motor sport, yaitu sport-fairing dan naked-sport. Terkadang hal ini menimbulkan kebingunan bagi para konsumen untuk menjatuhkan pilihan.

Sebenarnya, lebih baik motor sport full-fairing atau naked-sport? Mari kita bedah satu per satu.

Desain dan Kenyamanan

Beda antara sport-fairing dan naked-sport tidak hanya terletak pada cover body depan saja, tetapi juga pada desain serta kenyamanan. Mengutip dari Bikesmedia.in, biasanya, desain sport-fairing atau kerap disebut sebagai pure-sportbike cenderung lebih aerodinamis.

Tips Beli Motor Sport, Mending Berfairing atau Versi Naked?

Hal ini juga tak terlepas dari posisi berkendara keduanya. Pengendara pure-sportbike dipaksa lebih menunduk lantaran posisi stang clip-on yang rendah. Postur ini memang tidak nyaman ketika melibas kemacetan, tapi berguna untuk mencapai kecepatan tinggi.

Sementara itu, posisi berkendara motor naked-sport lebih santai dan tegak. Meski terbilang kurang aerodinamis, postur tersebut lebih nyaman untk menempuh perjalanan jauh dan melewati kemacetan.

Performa dan Pengendalian

Selain desain, biasanya, performa sport-fairing dan naked-sport cenderung berbeda. Mesin motor fairing unggul di sektor tenaga puncak, sementara naked-sport lebih mumpuni di sisi torsi maksimumnya. Karena itu, naked-sport lebih bersahabat untuk city ride.

Salah satunya adalah BMW Motorrad. Berdasar situs resminya, BMW sport-fairing mereka S1000RR memiliki tenaga sebesar 199 hp/ 13.500 rpm. Angka tersebut jauh lebih besar dari saudaranya, BMW S1000R yang hanya bertenaga 165 hp/ 11.000 rpm.

Meski demikian, BMW S1000R lebih unggul di sisi torsi, mencapai 114 Nm/ 9.250 rpm. Sementara itu, torsi maksimum BMW S1000RR hanya 113 Nm/ 10.500 Rpm. Dengan kata lain, naked-sport berakselerasi lebih cepat ketimbang sport-fairing untuk kapasitas mesin yang sama.

Namun, tak jarang juga pabrikan menggunakan mesin yang sama untuk dua model berbeda. Contohnya, di Indonesia, ada Yamaha YZF-R25 (sport-fairing) dan Yamaha MT25 (naked-sport). Keduanya sama-sama mengusung mesin 2-silinder bertenaga 35,5 hp dengan torsi maksimum 22,6 Nm.

Kesimpulan

Jika lebih banyak berkendara di perkotaan atau kerap berhadapan dengan macet dan jalanan yang tidak rata, disarankan untuk memilih naked-sportbike. Namun, apabila Otolovers penggila kecepatan dan ingin terlihat sporty, tidak ada salahnya membeli motor full-fairing.

Tips Beli Motor Sport, Mending Berfairing atau Versi Naked?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *