Tak Hanya CBR, Honda Juga Sematkan Fitur ABS pada Motor Ini
MOTOR

Tak Hanya CBR, Honda Juga Sematkan Fitur ABS pada Motor Ini

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Tak Hanya CBR, Honda Juga Sematkan Fitur ABS pada Motor Ini. Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CBR150R facelift untuk pasar Indonesia. Tak hanya mengubah penampilan, pabrikan berlogo sayap itu juga menyematkan fitur baru, yaitu rem ABS (anti-lock brake system).

Hal tersebut rupanya tak hanya dilakukan oleh AHM. Mengutip dari Auto.ndtv.com, Honda India juga membekali salah satu produknya dengan fitur ABS, yaitu Honda X-Blade.

Perlu diingat, naked-bike ini tak memiliki hubungan sama sekali dengan Honda Blade yang beredar di Indonesia. Selain itu, Honda X-Blade bukanlah Honda Blade yang diberi embel-embel “X” dan mengalami perubahan seperti Supra.

Sebelumnya, Honda X-Blade telah mengaspal di negeri Hindustan pada Maret 2018 lalu. Dengan desainnya yang terbilang gagah dan superior, naked-bike ini sempat digadang-gadang akan diboyong ke Indonesia dan menggantikan Honda MegaPro Fi.

Konsep yang disajikan Honda cukup radikal, fisiknya meruncing dan memiliki tangki besar sehingga mengeluarkan kesan futuristik. Lampu depan motor ini sudah menggunakan fitur LED dan terdapat windshield kecil di atasnya. Sayangnya lampu sign dan stop lamp masih menggunakan bohlam. Speedometer yang menempel pada dashboard mengadopsi sistem digital.

Peredam kejut depan menggunakan suspensi teleskopik dan pada bagian belakang mengandalakan mono-shock layaknya Honda Megapro. Ban belakang yang digunakan lebih besar dari motor 150 cc lainnya, yaitu 130/70 R17 dan diimbangi dengan ban 110/80 pada velg 17″ di bagian depan.

Honda X-Blade mengandalkan mesin berkubikasi 162,7 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 13,6 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak mencapai 13,9 Nm/ 6000 rpm. Mesin 1-silinder ini dialiri bensin melalui sistem pengabutan injeksi dan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Layaknya Honda CBR150R ABS, Honda X-Blade juga mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan setelah mendapat fitur ABS. Di India, Honda X-Blade ABS dijual dengan harga INR87.776, sekitar Rp17,8 jutaan. Sedangkan tipe standarnya hanya INR79.798, setara Rp16 jutaan. Terbilang murah untuk sebuah motor naked-sport 160cc (Kurs INR1 = Rp202).

Tak Hanya CBR, Honda Juga Sematkan Fitur ABS pada Motor Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *