Mobil Komersial Tak Mau Kalah Pamor di Daihatsu Dress-Up Challenge
MOBIL MODIFIKASI MOBIL

Mobil Komersial Tak Mau Kalah Pamor di Daihatsu Dress-Up Challenge

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Mobil Komersial Tak Mau Kalah Pamor di Daihatsu Dress-Up Challenge. Bersamaan dengan Indonesia Automodified yang diselenggarakan oleh HIN Promosindo, dihelat pula babak final Daihatsu Dress-Up Challenge (DDC) di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (1/12). Kontes modifikasi DDC tidak dibatasi jenis maupun tahun pembuatan untuk memperebutkan total hadiah Rp 166 juta sepanjang 2018.

Tahun ini DDC menghadirkan sistem kompetisi baru yang akan memilih 2 mobil modifikasi terbaik (Best dan Runner-up) untuk tiap-tiap model Daihatsu yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Model-model tersebut adalah Daihatsu, Xenia, Sirion, Ayla, Sigra, Gran Max/Luxio, Terios, dan kelas FFA yang diperuntukan bagi mobil keluaran Daihatsu Indonesia yang sudah tidak diedarkan lagi.

Selain itu ada pula Daihatsu Club Championship yang merupakan klasemen klub mobil Daihatsu pengumpul poin terbanyak, dihitung dari setiap mobil yang mengiokuti dan menjuarai DDC di setiap serinya.

Khusus seri Final di Jakarta, digelar Daihatsu Time Battle yang diperuntukan khusus bagi mobil-mobil Daihatsu.

Yang menarik dari penyelenggaraan DDC tahun ini, selain jumlah peserta melonjak dari tahun-tahun sebelumnya, yakni 631 peserta, mobil yang masuk kategori kendaraan komersial juga meningkat, termasuk untuk kelas komunitas. Hal ini bisa dilihat dari modifikasi apik Gran Max dan Luxio dari peserta.

Hasil restorasi dari Grand Max maupun Luxio tidak kalah ciamik dengan deretan modifikasi mobil-mobil Daihatsu lain. Bahkan penggarapannya terlihat rapih dan elegan, sehingga tidak menyisakan kesan mobil komersial. Bahkan kontestan modifikasi Gran Max dan Luxio jumlahnya lebih banyak dari model lain.

Mobil Komersial Tak Mau Kalah Pamor di Daihatsu Dress-Up Challenge

“Yang menarik, mobil komersial Gran Max dan Luxio juga tampil di Daihatsu Dress-up Challenge, jumlahnya tidak sedikit. Modifikasinya juga cukup rapih, dan kita memang buka kelas community,” kata Rokky Irvayandi, Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Tahun ini diselenggarakan di 15 kota, dimana babak final berlangsung di Jakarta. Peserta tahun ini merupakan terbesar dari penyelenggaraan Daihatsu Dress-Up Challenge sejak tahun 2014.

Sebanyak 631 kontestan terbagi dalam beberapa kategori, terdiri dari 169 unit Gran Max dan Luxio, 129 Xenia, 121 Ayla, 67 Sirion, 30 Sigra, dan 15 Terios. Pada kategori Free For All (FFA), tercatat total 100 unit Daihatsu, mulai dari Taruna, Feroza, Charade, Taft, Zebra, Delta, dan Hi-Max.

Tercatat sebanyak 124 unit Daihatsu yang adu keren pada seri final di Jakarta dalam kontes modifikasi ini, terdiri dari GranMax dan Luxio sebanyak 26 Unit, 21 Xenia, 18 Ayla, 12 Sigra, 9 Sirion, dan 5 Terios. Sedangkan untuk kategori Free For All (FFA), 25 Unit Taruna, 6 Feroza, dan 2 Charade.

Selain modifikasi, Daihatsu juga menantang para modifikator untuk tetap memperhatikan berbagai aspek, seperti keamanan dan kenyamanan pengendara. Pada sisi penilaian kontes, Daihatsu memberikan perhatian yang mencakup 8 aspek, meliputi aspek overall build, exterior,

“Penilaian utama kenyamanan penting, bisa dipakai sehari-hari. Jadi tetep memeperhatikan bahwa mobil ini bisa digunakan sehari-hari. Konsepn penilaian lainnya, misalnya emblem Daihatsu tidak boleh diganti atau dimodifikasi. Kemudian konsepnya juga harus jelas, sesuai konsep yang dianut. Misalnya konsep adventure maka modifikasinya tidak boleh Hello Kitty,” terang Rokky.

Mobil Komersial Tak Mau Kalah Pamor di Daihatsu Dress-Up Challenge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *