Mazda Indonesia Diam-diam Recall, Bukan Cuma Urusan Airbag Takata
MOBIL

Mazda Indonesia Diam-diam Recall, Bukan Cuma Urusan Airbag Takata

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Mazda Indonesia Diam-diam Recall, Bukan Cuma Urusan Airbag Takata. Mazda Indonesia diam-diam melakukan recall dalam bentuk kampanye servis. Namun program kampanye itu memancing rasa penasaran karena pengguna Mazda diharuskan menunjukkan nomor rangka kendaraan atau VIN (Vehicle Identification Number).

Pihak Mazda enggan menyebutnya sebagai recall. Namun, pihak Mazda yang diwakili Igor Panjaitan selaku Costumer Service Director tidak menampik kemudian bahwa recall adalah bagian dari program tersebut.

“Recall adalah bagian dari kampanye itu. Karena kan akan ada hal teknis yang mesti di-update. Nanti dia masukkan VIN mobil, misalnya mobil Anda shockbreaker-nya harus diupdate. Nah, recall ada di sana juga. Kami sebenarnya bahasanya bukan recall, tapi ini ada yang harus diupdate,” kata dia.

Ia juga mulanya enggan bicara lebih jauh terkait jenis kendaraan yang perlu perbaikan, tetapi kemudian memberikan gambaran terkait program ini yang diawali pengecekan secara online dengan mengisikan VIN.

“Komponennya tergantung. Misalnya Mazda2, nomor VIN sekian, ternyata jawabannya misalnya enggak ada apa-apa. Atau dia masukkan CX5, bagian di pintunya harus ada yang diganti, itu kami ganti,” kata dia.

Ia pun enggan bicara tahun produksi karena menurutnya hal tersebut justru akan merepotkan pengguna, dan menilai bahwa pengecekan berdasarkan VIN akan lebih akurat.

Mazda Indonesia Diam-diam Recall, Bukan Cuma Urusan Airbag Takata

“Kampanye terkait hal teknis itu kan lebih akurat lagi tergantung VIN. Kalau misalnya (diumumkan) tahun sekian sampai sekian, mereka lihat dulu STNK, waduh jadi repot. Mendingkan konsumen proaktif, kami buka, mereka tinggal isi, sudah,” ujarnya.

Satu masalah global yang sedang terjadi belakangan ini adalah perihal airbag Takata. Produsen yang memasangkan airbag ini di banyak sekali merek sebelumnya menerapkan program penggantian di Indonesia untuk Toyota dan Honda. Hal yang sama kini bergulir ke Mazda.

Namun rupanya bukan cuma airbag. Sebab, Tigor juga menyebut sejumlah perbaikan yang mungkin akan dilakukan di mobil-mobil Mazda, contohnya adalah Mazda2 dan CX5.

“CX5 yang agak lama, kaya ada (masalah) shock-nya di bagasi belakang. Terus ada sedikit di AC, kalau enggak salah Mazda2. Cuma harus diupdate dikit kadang dingin kadang tidak,” kata dia.

Mazda Indonesia Diam-diam Recall, Bukan Cuma Urusan Airbag Takata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *