Jangan Salah, Begini Cara Bedakan Ban untuk SUV dan MPV
MOBIL

Jangan Salah, Begini Cara Bedakan Ban untuk SUV dan MPV

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Jangan Salah, Begini Cara Bedakan Ban untuk SUV dan MPV. Beda jenis mobil, maka beda pula jenis bannya. Jika asal menggunakan jenis mobil, bisa-bisa mobil kesulitan berlari.

Mobil jenis MPV dan SUV saja misalnya, meski sekilas terlihat hampir sama besar, pemilik mobil perlu lebih jeli untuk membedakannya. Menurut laman resmi Nissan Indonesia, untuk membedakannya sebenarnya bukan hal susah.

Salah satunya bisa dilihat dari kembangan yang digunakan. MPV dan SUV memiliki peruntukan yang berbeda, sehingga kembangan pun disesuaikan.

Ban untuk MPV memiliki kembangan yang lebih rapat. Sedangkan untuk mobil SUV dibuat sedikit lebih kasar, karena mobil dengan jenis tersebut memiliki kemampuan untuk off-road.

Sementara itu, bodi SUV juga lebih berat ketimbang MPV. Berat SUV sekitar 0,5 hingga 1 ton. Maka itu, load index juga harus diperhatikan saat memilih ban.

Sebab, jika load index tak sesuai, efeknya ban bisa meledak karena kelebihan beban. Kekuatan load index ini ditentukan oleh berbagai hal, mulai dari kerangka ban, struktur ban, campuran material, dan berbagai hal lainnya. Load index bisa dilihat dari kode ban yang posisinya berada pada dinding ban.

Ukuran ban untuk setiap mobil juga berbeda-beda. Jika ukuran ban salah pilih maka bisa berakibat ban mentok dengan fender mobil. Jika dulu ukuran ban hanya ada 1 hingga 2 macam saja, kini sudah dibuat spesifik. Ukurannya sudah terpisah antara mobil SUV atau model lainnya.

Jangan Salah, Begini Cara Bedakan Ban untuk SUV dan MPV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *