MOTOR

Ini Alasan Mengapa Suzuki ‘Jejalkan’ Mesin GSX di Bandit 150

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ Ini Alasan Mengapa Suzuki ‘Jejalkan’ Mesin GSX di Bandit 150. Suzuki Bandit 150 hadir melengkapi GSX-R150 dan GSX-S, Bukan cuma pelengkap, Bandit 150 digadang-gadang memperbesar pasar Suzuki di kelas 150 cc setelah penjualan GSX-S150 melempem hanya hitungan ratusan unit setiap bulan.

Nama besar Bandit dengan karakter mesin galak tidak lantas mendorong Suzuki menciptakan mesin baru buat Bandit 150. Ia hanya mencomot mesin yang sudah ada, alias milik GSX-R150. Praktis keluaran tenaga pun sama dengan versi fairing.

Suzuki beralasan karakter responsif GSX-R150 sudah pantas disematkan pada Bandit150, sehingga tidak perlu repot membuat mesin baru. Performa GSX dianggap sudah mewakili kebutuhan dapur pacu Bandit 150, sehingga mampu bersaing dengan kompetitor dalam hal tenaga.

Ini Alasan Mengapa Suzuki 'Jejalkan' Mesin GSX di Bandit 150

“Mesin sama dengan GSX. Kenapa kita pakai mesin ini? Pertama karena mesinnya baru, kedua GSX mesinnya acceptable, dan sudah bisa diterima konsumen. Dalam arti orang sudah menyukai performance GSX,” kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W.

Sama-sama mengusung sport naked bike, Suzuki menampik kehadiran Bandit 150 akan makin menenggelamkan GSX-S ke dasar jurang persaingan. Tapi, pihak Suzuki sudah memastikan bahwa posisi motor baru ini berada di bawah Suzuki GSX-S 150 alias lebih murah

Jika respon pasar sangat baik terhadap kehadiran Bandit 150, sementara di satu sisi permintaan GSX-S makin menyusut tidak serta merta membuat Suzuki memutuskan untuk segera menghentikan produksi versi S dari GSX. Suzuki pun belum punya rencana menyempurkan lagi desain dan tampilan GSX-S dalam waktu dekat.

Ini Alasan Mengapa Suzuki 'Jejalkan' Mesin GSX di Bandit 150

“Jadi kalau kita lihat pasar sekarang kan terbagi-bagi. Contohnya matik, ada yang standar, ada yang sport, ada yang premium, kan jadi sama-sama matik. Sport kita pun kita pilah-pilah, dan masing-masing ada segmenya tersendiri. Jadi kalau ditanya takut gak, karena ada segmennya sendiri-sendiri. Orang semakin lama ego semakin besar, itu yang membedakan,” katanya dalam kesempatan lalu.

Sama seperti GSX-S, Suzuki bandir 150 dibekali mesin 150 DOHC, Fuel Injection, Liquid Cooled yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 18.9 Tk pada 10.500 rpm dan torsi maksimum 14 Nm pada 9.000 rpm. Meski mesin sama, yang membedakan pada lampu, jok, kemudian handlingnya. Rangka berubah sedikit, dengan jok menjadi satu.

Di luar itu, street naked bike modern dengan tampilan agresif ini juga disebut “one bike for all”. Soalnya, jok pengemudi dan penumpang dibuat nyaman, baik untuk pemakaian sehari-hari maupun touring.

Suzuki menargetkan melepas 2.500 unit Bandit tiap bulannya dengan bidikan target usia 25 tahun ke atas.

Alasan Mengapa Suzuki ‘Jejalkan’ Mesin GSX di Bandit 150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *