4 Mobil Ini Sengaja Ditabrak, Beginilah Hasilnya
MOBIL

4 Mobil Ini Sengaja Ditabrak, Beginilah Hasilnya

Sharing is caring!

SeputarOtomotif ~ 4 Mobil Ini Sengaja Ditabrak, Beginilah Hasilnya. ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) adalah lembaga yang didirikan untuk melakukan serangkaian tes mobil baru, termasuk tes tabrak. Sepanjang bulan Oktober 2018 hongga November 2018, setidaknya ada 4 kendaraan yang diuji.

Mereka adalah New Suzuki Swift, Poton X70, dan Wuling Confero, serta Tata Super Ace. Keempatnya mendapatkan rating keselamatan yang berbeda-beda.

Mobil Malaysia, Proton X70 adalah mobil teraman di antara keempat mobil tersebut, dengan meraih rating 5-bintang. Sementara New Suzuki Swift harus puas dengan perolehan rating 4-bintang.

Ini adalah kedua kalinya Swift diuji tabrak setelah tahun 2013 lalu. Perolehan kurang sempurna ini lantaran Swift hanya dilengkapi dengan dual airbags, ABS, seatbelt reminder sistem, dan Isofix. Fitur eelctronic Stability Control hanya tersedian untuk pasar Signapura dan Thailand.

“Hasil baik dari Suzuki Swift dan Proton X70 bisa diikuti oleh pabrikan lainnya untuk meningkatkan fitur keselamatan mobilnya. Sayangnya, masih ada mobil yang dijual tanpa fitur keselamatan dasar macam airbags. Meski mobil itu memiliki varian yang dijual dengan fitur keselamatannya. Maka itu, kami perlu memastikan bahwa fitur keselamatan tersedia mulai dari varian terendah sehingga semua orang dapat manfaatnya,” ujar Khairil dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Sementara MPV andalan Wuling, Confero nyatanya hanya mendapatkan rating 1-bintang. Mobil pabrikan China yang diuji ASEAN NCAP ini adalah varian terendah, yang mana tak dibekali dengan airbag. Hanya ada seatbelt saja.

Lalu, Tata Super Ace juga ikut diuji. Hanya saja hasilnya benar-benar mengecewakan, 0-bintang. Model kabin tunggal ini tak mendapatkan uji kategori COP, hanya AOP dan SATs. Mobil niaga ini tak dibekali dengan fitur airbag, ESC, ABS, dan SBR.

4 Mobil Ini Sengaja Ditabrak, Beginilah Hasilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *